Tuesday, November 12, 2013



Tahun 2002 aku pindah menempati rumah baruku, saat itu masih bujangan, karena belum ada yang menemani malam-malanku, akupun jarang pulang ke rumah, akhirnya aku sering menginap di kontrakan lamaku. Oh iya aku tinggal di salah satu perumahan di daerah Tangerang. Setelah satu persatu teman-teman di kontrakan pada pulang kampung dan ada juga yang memulai hidup baru dengan istrinya. Akhirnya akupun memantapkan hati menempati rumahku. Karena saat itu kerja kena shift, kadangkala siang ada di rumah

Saat itu aku sedang duduk santai sambil ngopi ditambah bengong karena ga ada teman ngobrol, tetangga terdekat berjarak 10 Meter dan karena siang rata-rata pada kerja aku diam saja daripada nyamperin ke rumah tetangga cuma ujung-ujungnya cuma ngerumpi sama ibu-ibu mending di rumah saja. Eh tau-tau terdengar ucapan salam, ternyata petugas pencari dana dengan membawa surat permohonan, aku lihat Surat itu untuk pembangunan sebuah masjid aku lupa nama masjidnya, katanya dari kampung sebelah (di luar komplek perumahan), di suratnya itu ada daftar para donatur dan ditulisnya daftar yang ngasih itu ada yang ngasih Rp 20.000, miniman Rp 10.000. Pikirku biasa aja namanya juga buat bangun masjid pada ingin beramal buat bekal di akhirat nanti. Aku kasih  segitu juga.

Kedua Bulan berikutnya ada yang datang lagi, petugas pencari dana masjid. Sambil bawa surat dan daftar pemberi donator, biasa catatanya pada ngasih Rp. 10.000 - Rp. 20.000.

Ketiga selisih sebulan lagi ada yang datang lagi, petugas pencari dana masjid. Sambil bawa surat dan daftar pemberi donator, biasa catatanya pada ngasih Rp. 10.000 - Rp. 20.000.

Ke empat datang lagi beda bulan beda masjid. Tapi kali ini emak-emak minta sumbangan buat masjid juga, aku tanya dari masjid mana? Dia jawab dari Bogor, aku bilang jauh amat bu (ibunya emang terlihat udah kelihatan capek/memelas pake sedal jepit jalan keliling komplek), aku ceramahin disitu, kenapa gak pemudanya aja bu yang keliling cari sumbangan, kan kasian ibu kalau jauh-jauh jalan Cuma cari sumbangan masjid pemudanya kan pasti ada, trus aku lanjutin lagi, kenapa gak pake proposal aja diajuin ke Depag kek atau pemerintah Arab atau ke yang lain. Si ibu masih nungguin sambil memelas nunggu di kasih sumbangan, tapi ane gak kasih. Soalnya menurut saya tidak masuk akal aja.dan aku cuma berani sama emak-emak doank..

Begitu terus selang sebulan pasti ada yang datang lagi, jika dulu cuma Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 sekarang meningkat menjadi Rp. 50.000 sampai Rp. 100.000. seiring meningkatnya gaji buruh meningkat juga jumlah sumbangan yang tertulis. Beberapa bulan kemaren datang lagi, kali ini dari masjid “Al-Ikhas”. Aku bilang aja kok tiap bulan minta sumbangan pak, kemaren perasaan baru aja minta. Bapaknya kaget sedikit melotot agak takut, sambil bilang tidak mas baru ini kok. Aku bilang tidak ah kemaren udah ada yang minta juga kok (padahal aku juga tidak tahu yang sebelum-sebelumnya dari mana aja). Nah di daftarnya itu juga biasa yang ngasih gila-gilaan diatas Rp.50.000 semua.

Karena mendengar isu-isu yang beredar bahwa sumbangan tersebut bukan buat masjid tapi buat kepentingan pribadi akhirnya aku berfikir untuk sekali-kali ngerjain mereka sekaligus untuk tes kejujuran mereka. Namanya sumbangan seiklasnya, aku mau kasih Rp. 2.000 aja, tapi karena merasa tidak enak, akhirnya aku kasih Rp. 2.000. Tujuannya buat merubah daftar disitu, agar yang lain, ayng merasa keberatan dan malu untuk menyumbang dengan nominal yang kecil tidak malu-malu lagi dan tidak menggerutu lagi. Makanya aku kasih saja Rp. 5.000, pas aku kasih ditanyain ditulis tidak mas, aku bilang ditulis dong. Nulisnya kelihatan malas-malasan dan sekedar tulis saja.

Nah di bulan November ini, Datang lagi orangnya santun banget, salamnya aja sambil nunduk. Dan masih masjid yang sama “Al Ikhlas”. Daftar sumbangannya masih sama juga gede-gede, ampun deh, Aku makin curiga saja, kenapa pembangunan masjidnya tidak beres-beres juga, tidak ngasih juga tidak enak nanti kalau emang bener. Akhirnya aku kasih Rp. 5.000. Nah pas aku kasih ditanyain lagi, ditulis tidak mas, aku bilang ditulis dong, pas nulis cuma ditulis nama saja aku tungguin aku ikutin sampai teras kok nominal Rp. 5000 yang aku kasih tidak ditulis-tulis juga. Curiga aku kalau nanti ditulis jadi Rp. 100.000 biar nanti yang berikutnya ikut ngasih yang gede juga. Coba kalau daftarnya Cuma ditulis Rp. 1.000, Rp. 2.000 atau Rp. 5000 pasti yang lain ikutan segitu juga.

Nah pas dia pergi aku cariin lagi di komplek udah tidak kelihatan lagi orangnya, sebelumnya mereka jalan nyebar 3 orang di komplek. Aku Cuma penasaran tadi yang aku kasih DITULIS BERAPA? Habis itu aku ketemu temanku, cerita itu juga, Nah tetangga ane sebelah itu, menolak mentah-mentah peminta sumbangan itu, berani banget, padahal belum lama pindahan, beda blok sih, dia ngambil rumah oper kredit.
Ditanyain Petugas Sumbangan (PS) sama Temanku (T):

T: dari mana?
PS: dari masjid kampung sebalah pak (tutur katanya santun)
T: mana gak ada kampong sebelah lagi bangun masjid “Al ikhlas” (padahal temanku juga tidak tau, ppindah juga baru sehari)
PS: gak pak tadi udah lapor sama pak RT
T: RT mana?
PS: Iya sama Pak Rudi, disana pak (sambil nunjukin tempatnya)
T: mana ada RT Pak Rudi, yang ada mah rumah pak RT di belakang situ bukan disana namanya juga Pak Situmorang (sebelumnya yang ditunjukin sama PS)
PS: .. Pergi gak dikasih duit…
Dalam hatiku aduh…, apa selama ini aku emang ditipu yaaa…

Sebaiknya kalau ada peminta sumbangan dan kita ragu akan kebenarannya, mintalah petugas tersebut untuk ijin dulu sama RT RW setempat. Kecuali kalo kita sudah ikhlas bener silahkan saja, karena kadangkala itu adalah ujian keikhlasan bagi kita untuk menyisihkan sebagian harta yang kita punya.

Dan sebaiknya dalam memberi sumbangan rutin setiap minggu, langsung saja ke Masjid terdekat, atau ke anak yatim atau janda-janda yang sudah tidak mampu untuk bekerja, sementara hidupnya tidak ada yang menanggung. Jangan sampai kita bisa makan kenyang sementara ada tetangga yang sama sekali tidak memiliki makanan untuk sekadar pengganjal perutnya.

BERBAGI ITU INDAH ... BERBAGI ITU PENUH BERKAH ...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger