Tuesday, June 11, 2013

SUDAHKAH PERNAH KITA PIKIRKAN...

Kehidupan yang sekarang ini akan berakhir seperti apa? Jangan tutup mata dan hati kita dari kenyataan yang ada di sekeliling kita.

Segala fasilitas pekerjaan kantor yang sekarang kita nikmati, tidak akan bertahan sampai kita tua nanti. Ada saatnya kita untuk pensiun, yang berarti segala tunjangan dari kantor hanya tinggal kenangan.

Segala harta dan kemudahan dari orang tua yang sedang kita nikmati sekarang ini, sudah pasti juga tidak akan bertahan sampai kita tua nanti.

Fakta yang ada disekitar kita adalah...

Ketika muda, kita masih bisa bersenang-senang. Karena penghasilan yang didapat ketika kita masih produktif, masih bisa mencukupi segala kebutuhan hidup. Tapi ketika kita melewati masa itu, dan memasuki usia senja, pekerjaan itu sudah bukan lagi milik kita. Sementara kebutuhan hidup tetap terus ada. Tabungan yang dikumpulkan untuk usia senja juga harus diirit-irit.

Mereka tetap berjuang untuk mencari makan, bekerja keras setiap hari, tanpa sempat berfikir untuk beristirahat, karena tidak ada tempat untuk bersandar dan menikmati masa tua.

Yang seharusnya pada saat tua nanti kita bisa hidup tenang, ternyata banyak para orang tua yang akhirnya terbebani pikirannya bagaimana mencukupi kebutuhan hidup. Bagaimana bertahan dari hari ke hari ke hari. Anak-anak yang sudah kita besarkan juga masih merintis pekerjaannya. Jadi satu-satunya jalan adalah harus kita sendiri yang mencari jalan keluar.

Tapi ada juga memiliki anak yang berpenghasilan lebih. Sehingga mampu membiayai kebutuhan orang tuanya. Tapi... Apakah ini yang sebetulnya kita inginkan sebagai orang tua? Apakah kita mempunya tujuan pada saat tua nanti akan menjadi tanggungan anak-anak kita? Pastinya bukan itu tujuan kita membesarkan anak kan.. :)

Mempersiapkan diri menghadapi hari tua adalah solusi untuk tetap mandiri, tetap eksis, tetap terjaga harga diri. Karena sebagaimana telor tak semuanya menetas demikian juga hasil didikan kita sebagai orang tua. Adakalanya anak kita tidak bisa diharapkan bantuannya saat kita tua. Karena anak-anak kita tentu juga terbebani oleh kebutuhan mereka sendiri, sehingga jika kita ikut menjadi beban mereka maka tingkat stress yang ditanggungnya semakin besar.

untuk itu mari kita persiapkan diri mulai dari sekarang untuk menghadapi kehidupan saat kita tua nanti. Minimalnya jangan sampai anak keturunan kita terbebani oleh kita.

Bagaimana anda ingin merasakan kehidupan saat tua nanti ?
Seperti ini ?


Atau seperti ini ?

kami siap membantu anda untuk merencanakan masa tua anda agar sesuai dengan keinginan anda menikmati hari tua.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger