Saturday, June 15, 2013


Selama ini dalam benak kita barangkali sudah tertanam sebuah sugesti kalau melakukan aktifitas gerak setelah makan akan membantu proses pencernaan. Ternyata, pemikiran tersebut salah kaprah! Pasalnya, seperti kata para pakar nutrisi, bergerak setelah makan sama sekali tidak menolong proses kerja pencernaan itu sendiri. Jadi sebenarnya tak ada gunanya untuk dilakukan. Selain itu masih ada beberapa aktifitas lain yang sebenarnya juga harus dihindari setelah kita makan. Penasaran?? Simak yang berikut ini:

1. Jangan Merokok
buat yang suka merokok monggo disimak , Banyak orang yang langsung menyambar sebatang rokok begitu usai menyantap makanan. Dan katanya? Nikmaaat luar biasa gan. Padahal hasil penelitian para ahli justru berkata sebaliknya lho. Asal tahu saja yang namanya merokok setelah makan ternyata sama saja menghisap 10 batang rokok! Tahu kan akibat buruknya? Apalagi kalau bukan meningginya resiko terserang kanker.

2. Jangan Makan Buah-buahan
Mengkonsumsi buah segar setelah makan justru akan membuat perut kembung. Pasalnya buah umumnya mengandung banyak air, karena itu akan lebih baik jika kita baru menyantap buah 1 hingga 2 jam setelah makan

3. Jangan Minum Teh
Karena daun teh-teh itu ternyata mengandung asam yang tinggi. Nah, substansi asam tersebut akan mengakibatkan kandungan protein dalam makanan yang baru saja kita santap mengalami pengerasan. Akibatnya kemudian proses kerja usus pun akan mengalami kesulitan mencerna.

4. Jangan Mengendorkan Ikat Pinggang
Anjuran untuk selalu mengencangkan ikat pinggang agaknya pas benar jika diterapkan dalam hal ini. Pasalnya jika kita melonggarkan ikat pinggang setelah makan justru akan berakibat usus kita membelit dan buntu.

5.Jangan langsung mandi
Pasalnya, mandi akan menyebabkan peningkatan aliran darah pada bagian tangan, kaki dan sebagian tubuh lainnya. Akibatnya aliran darah pada bagian perut akan menurun. Sehingga justru akan menghambat dan melemahkan sistem pencernaan dalam perut kita.

6. Jangan Jalan-jalan
Konon, jika setelah makan Langsung berjalan kaki sebanyak 100 langkah akan membuat umur panjang hingga 99 tahun. Tapi fakta yang sebenarnya justru tidak demikian. Soalnya, berjalan setelah makan akan mengakibatkan sistem pencernaan tidak dapat menyerap nutrisi dari pasokan makanan yang kita konsumsi.

7. Jangan langsung tidur
Umum, katanya, makan setelah tidur bisa membuat gemuk karena lemak akan menumpuk. Tapi tahukah Anda akibat buruk yang sebenarnya? Tidur setelah makan akan menghambat kerja pencernaan secara benar. Akibatnya lagi, lambung kita akan mengalami infeksi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger