Saturday, June 15, 2013


Orangtua kita seringkali menasehati tidak boleh tidur setelah makan. Apa sih sebabnya nasehat tersebut? Ketika perut kenyang kebanyakan orang akan merasa mengantuk dan tak jarang langsung tidur. Tak hanya bisa menimbun lemak, langsung tidur setelah makan bisa mengakibatkan hal buruk pada tubuh. Apa saja sih gan?

Dilansir dari Livestrong, berikut beberapa bahaya yang terjadi jika langsung tidur setelah makan, silahkan disimak :

1.Berat badan naik
Untuk menurunkan berat badan, tubuh kita harus membakar kalori lebih banyak dari kalori yang kita konsumsi. Makan larut malam sangat berbahaya karena bisa membuat tubuh menumpuk lemak lebih banyak. Jika Anda merasa lapar disaat malam hari, sebaiknya cobalah mengisi perut dengan makanan sehat seperti salad dan buah, bukan makanan tinggi kalori seperti kue atau pizza.

2.Rasa panas di dada
Pada awalnya berbaring setelah makan mungkin akan membuat Anda merasa baik, namun sementara tubuh kita beristirahat,sistem pencernaan akan bekerja keras

3.memicu terserang maag
Hal tersebut akibat dari tubuh kita mengalami kelebihan asam lambung hingga menimbulkan rasa panas yang menyebar di daerah perut serta tenggorokan.

4.Refluks asam
Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau refluks asam terjadi akibat dari katup antara perut dan kerongkongan tidak menutup sepanjang jalan. Hal ini memungkinkan asam lambung untuk kembali ke tenggorokan, yang menyebabkan rasa seperti terbakar.
Dan yang lebih buruknya lagi, berbaring ke sisi kanan setelah makan dapat memperparah kondisi diatas.

5.Stroke
Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan di University of Ioannina Medical School di Yunani, kebiasaan tidur setelah makan disinyalir juga mampu meningkatkan resiko terserang penyakit stroke.
2 resiko pemicu stroke akibat Habis Makan langsung tidur 1.Refluks asam yang terjadi bila kita segera tidur setelah makan mungkin meningkatkan terjadinya apnea tidur atau nafas terhenti selama tidur yang bisa menyebabkan serangan stroke.

2.Stroke bisa terjadi disebabkan oleh kerasnya kerja sistem pencernaan kita yang berdampak pada meningkatnya tekanan darah, kadar gula darah dan kolesterol yang nantinya bisa memicu terjadinya stroke.

Meskipun sudah ngantuk berat, namun sebaiknya tidur setelah 2 jam sesudah makan.

jauh sebelumnya Rasulullah sudah memperingatkan jangan tidur setelah makan

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger