Saturday, June 1, 2013

Banyak perempuan yang menginginkan kulit cerah dan segar. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang rajin melakukan perawatan ke salon untuk mempertahankan kesehatan kulit. Bukan rahasia lagi bahwa minum air putih 8 gelas per hari membantu menjaga kesehatan kulit. Tak hanya itu, konsumsi makanan tertentu juga akan mengoptimalkan kesehatan kulit.
Berikut 4 jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk membantu menjaga kesegaran kulit dan membuatnya lebih cerah :
1. Stroberi
Buah ini dikenal dapat memberikan manfaat pada kulit. Buah ini dikenal kaya akan koenzim Q10, suatu zat yang dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas, mengurangi penuaan, dan meningkatkan produksi energi sel.
Selain itu, buah ini juga mengandung asam alfa hidroksil cukup tinggi, sehingga membantu menyingkirkan sel kulit mati dan membantu tubuh memproduksi kolagen. Stroberi juga kaya akan vitamin C, yaitu antioksidan penting yang membantu mencegah timbulnya noda pada kulit, penuaan dan efek berbahaya dari matahari.
2. Tomat
Ada banyak alasan mengapa konsumsi tomat penting. Sebab, buah ini dapat menambah kandungan kolagen di kulit, sehingga mencegahnya menjadi kendur. Tomat juga memiliki antioksidan yang tinggi, sehingga membantu mengurangi garis-garis halus pada kulit.
Manfaat lainnya, tomat baik dimakan langsung maupun diolah menjadi jus, dapat membantu membersihkan jerawat.
3. Jeruk
Selain stroberi dan tomat, buah jeruk juga kaya akan kandungan antioksidan. Jeruk sangat baik untuk membantu mencerahkan kulit. Ia mengandung vitamin C yang dapat mencegah peradangan kulit.
Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan vitamin E dan zat besi dalam tubuh, sehingga nantinya akan memberi efek bercahaya pada kulit.
4. Telur
Telur sangat baik untuk kulit, sebab telur membantu melembutkan dan melembabkan kulit. Telur diketahui mengandung asam amino yang dapat membantu dalam regenerasi sel kulit baru.
Sebuah penelitian menyatakan bahwa 2 antioksidan utama yang terdapat di dalam telur, lutein dan zeaxanthin, dikenal meningkatkan 4 kali lebih melindungi terhadap kerusakan akibat sinar UV seperti munculnya garis kulit dan bintik-bintik pada wajah. Makan 1 butir telur per hari secara signifikan dapat meningkatkan kadar darah lutein dan zeaxanthin.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger