Thursday, October 3, 2013


Ini merupakan pengalaman dari temen, dia bercerita seperti ini,

"Kejadian ini memang sudah beberapa hari yang lalu (17-09-2013) tapi ane lg ribet jadi baru sempet bikin tritnya sekarang. Sori kalo tulisannya bakal borring karena ane bakal ceritain secara detai supaya jelas dan bisa di investigasi sama detective kaskus...

Ya..siang hari itu sekitar jam 11 siang ane tiba2 dimintain tolong untuk pergi ke kota Serang Banten untuk mendaftarkan adek ane buat test TOEFL, ane sendiri tinggal dikota sebelah dengan jarak sekitar 45-60 menit. Karena pendaftaran test itu ditutup jam 12.00 siang hari itu juga jadi ane agak terburu-buru. Langsung cabut pake gerobak ane begitu di depan komplek ane mampir I**omart mau ambil duit buat biaya pendaftaran test. Menurut ane I**omart itu lumayan rame pengunjung dan lokasinya diantara beberapa perumahan jadi bisa dibilang banyak pelanggan termasuk ane sendiri sering belanja disitu.

karena agak terburu-buru ane langsung menuju ATM yg letaknya didalem toko tersebut, rekening ane BN* cuma karena mendesak ane putuskan untuk ambil di ATM I**omart terdekat yang ATM nya adalah BR*.

Saat itu ada orang lain (1 orang) yang sedang transaksi di ATM tersebut. Laki-laki, agak chubby, pakai topi dan jaket, umur sekitar 35 thn an, tinggi sekitar 155cm. Ane sama sekali gak curiga sm orang itu ane bersikap biasa dan antre di belakangnya agak di sebelah kiri sambil melihat2 barang dagangan sekitar. Ane ga mantengin layar ATM nya karena menurut ane gak sopan dan melanggar privasi orang lain. tapi setelah ane berdiri agak lumayan lama (waktu maksimal yang disediakan untuk transaksi di ATM, klo lebih akan ada bunyi bip bip bip untuk menambah waktu atau batalkan transaksi).

Nah karena agak lama nunggunya, berhubung buru2 juga, ane sekilas liat layar ATM, si orang itu nampaknya mau TRANSFER (tapi ane ga liat berapa, siapa ke siapa dan no rekeningnya). Karena terlalu lama bunyilah ATM itu bip bip bip minta tambahan waktu atau tidak.. orang itu sempet nengok dan liat muka ane sambil senyum dan ane bales senyum juga.. tapi dia pustuskan gak nambah waktu dan kartu ATMnya pun keluar dari mesin. Ane persilahkan lanjutkan saja dulu transaksinya karena ane pikir dia transaksinya belum berhasil. tapi dia langsung ambil kartu dan mlengos pergi seperti terburu-buru juga (padahal transaksinya belum berhasil). ya sudahh syukur juga ane bisa cepet ambil duit karena terburu2 juga…

Nahhh..begitu ane masukkan kartu ATM ane… seperti biasa di layar ada tulisan bla bla bla da

ada pilihan LANJUTKAN > ane pilih LANJUTKAN lalu
ada pilihan MASUKKAN NO PIN > ane masukkan PIN ATM ane lalu….
kejanggalan ada disini…seharusnya setelah kita masukkan PIN biasanya masuk ke pilihan MENU UTAMA (INFO SALDO, PEMBAYARAN, PENARIKAN, DLL)…tapi ini tidakkk…

menu langsung pada piliha n TRANSFER sejumlah uang (Rp. 500.000) dari rek A ke rek B (Lihat di spoiler bawah)… ane kaget karena nggak merasa pencet/pilih transfer… ane langsung batalkan transaksi dan keluarkan ATM… ane curiga sama orang yang sebelum ane tadi, ane cari orangnya udah kabur pake motor… langsung ane foto aja layar ATM nya buat bukti…

pegawai2 i**omart sampai tanya2 ke ane ada apa…ane liatin aja layar ATM nya… saat itu kebetulan lagi nggak ada pelanggan selain ane… karena ane butuh banget duitnya dan buru2 ane putuskan untuk tetep ambil di ATM itu….

kedua kalinya ane masukin kartu ATM dan masukin PIN pilihan menu sudah kembali normal seperti pada umumnya…

Analisa kemungkinan-kemungkinan menurut ane:
1. bisa jadi ATM tersebut nge-hang (apakah mungkin?) sehingga transaksi sebelumnya masih tampil di transaksi setelahnya padahal sudah ada pergantian kartu ATM yang masuk
2. modus operandi baru untuk menguras saldo ATM yang bertransaksi setelah oknum tersebut setting pilihan ATM nya (di Hack), dengan harapan orang yang sedang buru2 seperti ane biasanya tekan tombol pilihan tergesa2 lalu secara tidak sengaja terkirim lah / ter transfer sejumlah uang kepada rek yang di sudah di setting
3. Nama pemilik rekening agak aneh (MANTI NOMENSI MANA)

Untuk itu ane minta bantuan dari Tim Buser Kaskus…Untuk menyelidiki, apakah memang ini modus baru ataukan hanya kebetulan "machine error system"

saran dari ane, kalau agan2 akan bertransaksi ATM dan agan sedang dalam keadaan sangat buru2 atau bahkan sangat emergency ada baiknya tenangkan dulu diri agan, setelah merasa tenang barulah agan lakukan transaksi ATM agar tidak dimanfaatkan oleh oknum2 tertentu…"



Sorry silhoute TS nampak di screen atm nya, gak maksud nampang 
 
Bukti Transaksi Penarikan Ane (Time Record)
demikian cerita temen saya.




disadur dari http://www.kaskus.co.id/thread/5245583a4f6ea11c5700000a/waspada-modus-baru-kuras-uang-dari-atm-anda-need-help-detective-kaskus/

jadi pesan saya hati-hatilah terhadap orang yang bertingkah laku seperti itu di ATM

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger