Thursday, November 14, 2013


Bagi rakyat Indonesia sudah tak asing lagi jika mendengar kabar harga BBM naik, karena sampai saat ini, BBMlah sumber tenaga buat kendaraan bermotor. Sering naiknya harga BBM di Indonesia karena pemerintah secara bertahap mengurangi subsidi BBM untuk dialihkan ke bidang lain yang menurut pemerintah lebih tepat sasaran.

Hal itu terjadi karena pemerintah beranggapan bahwa tujuan subsidi itu diberikan untuk rakyat miskin. Sementara kendaraan bermotor bukanlah termasuk kelompok rakyat miskin. Sehingga sangat tidak tepat jika BBM yang dikonsumsi oleh golongan menengah keatas.

Namun jangan berkecil hati dahulu jika mendengar berita BBM akan naik lagi harganya. Karena setelah melalui beberapa kali penelitian, ternyata ada beberapa sumber energi alternatif yang dapat dipergunakan untuk mengganti BBM.

Diantara energi yang dapat dapat menggantikan BBM adalah listrik, etanol atau metanol, hidrogen, Gas Alam, E85 (campuran etanol 85% dan bensin 15%) dan biodiesel.

Sekelompok pelajar SMK di sebuah kota kecil berhasil menemukan energi alternatif untk mengganti BBM. Sebuah prestasi yang membanggakan lagi-lagi ditemukan oleh siswa SMK. Mereka sudah sukses dengan mobil, laptop dan sekarang mereka menemukan energi alternatif pengganti BBM.

Sumber energi alternatif tersebut berbahan dasar air kelapa. Suatu jenis tanaman yang sangat gampang ditemukan di Nusantara, karena tanaman tersebut sangat cocok berada di tepi pantai. Dan di negeri ini sangat banyak pantai karena merupakan negara kepulauan.

Adapun cara mengolah air kelapa sebagai bahan pengganti BBM sangat mudah yaitu :
  1. Tuangkan air kelapa ke dalam botol, kemudian tutup rapat.
  2. Diamkan selama kurang lebih dua jam
  3. Hindarkan botol dari sinar matahari
  4. Nyalakan motor anda dan berkendaralah seperti biasa
  5. Pada saat bensin anda habis, gunakan air kelapa yang sudah diolah menjadi bahan bakar tersebut anda minum secukupnya.
  6. Kemudian doronglah motor anda sampai SPBU atau pedagang eceran bensin terdekat.
Bensin hemat ... badan sehat ...

selamat mencoba

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger