Tuesday, February 4, 2014


Internet adalah teknologi yang sangat digandrungi oleh manusia era sekarang. Karena dengan adanya internet maka hubungan dengan teman, rekan bisnis, berita, dapat diakses meski hanya dari atas kasur.

Namun dibalik kemudahan internet tersebut juga terdapat ancaman, terutama terhadap kejiwaan para pecandunya. Berikut beberapa gangguan kejiwaan yang bisa menyerang pecandu dunia maya :

1. OCPD (Obsessive-Compulsive Personality Disorder)
OCPD ini dilaporkan banyak terjadi dikarenakan penggunaan internet yang berlebihan.Kelainan ini menyebabkan penggunanya merasa memiliki gangguan berupa pemikiran irasional yang menganggap jika orang lain lebih ceroboh, bodoh, dan tidak berperilaku seperti yang seharusnya.

Contoh kecil dari OCPD ini adalah orang yang mendedikasikan hidupnya sebagai Grammar Nazi. Grammar Nazi ini sendiri merupakan orang yang terbiasa untuk membenarkan penulisan bahasa yang salah (umumnya bahasa Inggris) setiap orang yang ditemui di berbagai situs internet termasuk jejaring sosial meskipun penderita OCPD ini tidak mengenal orang tersebut.

2.Munchausen Syndrome
Gangguan jiwa ini menyebabkan seseorang untuk rela melakukan sebuah kebohongan hanya untuk menarik simpati orang-oran di internet termasuk teman-teman di jejaring sosialnya.

kracked.com melaporkan kasus ini pernah terjadi pada seorang bernama Debbie Swenson, yang mana rela membuat akun jejaring sosial palsu bernama Kaycee Nicole yang dia ciptakan sebagai gadis 19 tahun dengan penyakit leukimia hanya bertujuan untuk meraih simpati orang di internet saja.

3. Internet Asperger Syndrome
Gangguan jiwa ini menyebabkan orang yang biasanya pendiam di dunia nyata tiba-tiba menjadi seseorang yang kasar dan sering mencaci maki orang lain melalui akun sosial media ataupun di forum-forum yang diikutinya.

Internet sendiri sepertinya menjadi media yang tepat bagi orang penderita Internet Asperger Syndrome dikarenakan dia merasa aman dan terlindungi karena orang yang dia caci maki akan sulit untuk mengancam balik di dunia nyata.

4. Online Intermittent Explosive Disorder 
Gangguan jiwa ini menyebabkan pengidapnya terbiasa marah dan meledakkan emosinya dikarenakan hal-hal sepele.

Di dalam dunia psikologis, penyakit ini disebut dengan Intermittent Explosive Disorder. Ditahun 2009 tercatat 6% pengguna internet mengidap gangguan jenis ini.
5. Low Forum Frustration Tolerance
Low Forum Frustration Tolerance merupakan gangguan jiwa yang menyebabkan penggunanya merasa haus akan sebuah self esteem atau pengakuan diri dari pengguna lain di internet.

Contohnya adalah ketika seorang pengidap gangguan jiwa ini merasa telah mengunggah sebuah posting yang dianggapnya bagus di internet, maka penderita tersebut akan mengecek postingan tersebut bahkan tiap menit untuk melihat berapa orang yang telah merespon postingannya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger