Thursday, September 19, 2013


Kebahagiaan adalah tujuan hidup setiap manusia, karena meskipun kita sukses, kaya raya, namun semua akan terasa hampa jika kita sendiri tidak bahagia. Jadi sukses tak akan berarti kalau kita tidak bahagia. Bahagia di keluarga, bahagia di pekerjaan, bahagia di karier, adalah kepuasan yang tak akan bisa dibandingkan dengan perolehan materi atau sekadar “nama”.

Tapi sayang, banyak orang yang ngaku susah untuk bahagia. Masih banyak yang berpikir, bahagia harus kaya, harus punya “nama” , alias harus dikenal orang, dikenang orang, atau dihormati karena pencapaian tertentu. Padahal, bahagia itu menurut ane soal keputusan. Like what Aristotle said, happiness depends upon ourselves.

Berikut saya beberkan beberapa langkah mudah agar merasa bahagia  :
1. Berbagi
 Menghabiskan uang bersama orang lain akan memberi dampak lebih membahagiakan dibanding menghabiskannya sendirian. Penelitian ini ditulis di ScienceMag, dan merupakan hasil penelitian Elizabeth Dunn, Lara Atkin, dan Michael Norton terhadap 632 responden di Amerika. Bagi saya, ditraktir dan mentraktir itu emang menyenangkan. Apalagi, kalo udah ngumpul bareng teman. Itu barangkali esensi yang membuat kita bisa lebih happy.

2. Ikuti Nasihat Orang Tua
Dengar dan jalankan nasihat orang yang lebih tua ternyata banyak benarnya. Dan, itu memberi dampak kebahagiaan bagi seseorang. Hal tersebut diungkap oleh seorang profesor dari Harvard, Daniel Gilbert.

3. Cari lingkungan yang sehat

Kebahagiaan itu menular. Begitu juga dengan kesehatan. Jadi, carilah lingkungan yang mendukung kamu untuk selalu bahagia. Maka, dengan gampang kamu akan tertular untuk terus merasa bahagia. Ini penelitian Nicholas Christakis dari Harvard dan James Fowler dari UC San Diego.

4. Jangan Menyerah
Bahagia jangka panjang bisa diperoleh bagi mereka yang mau “bertahan” untuk mendapat sesuatu. Istilahnya, no pain, no gain. Hal ini diungkap oleh Ryan Howell, peneliti dari San Francisco State University, yang dimuat di jurnal Happiness Studies.

5. Nostalgia
Bernostalgia membuat seseorang lebih mudah bahagia. Ini karena nostalgia membuat seseorang merasa dirinya tidak sendirian. Hal itu diungkap di jurnal Psychological Science. Itulah mengapa, kalau kita reunian dengan teman lama, biasanya akan merasa lebih bahagia. Kalo ini jelas. Ketemu teman lama rasanya menyenangkan.

6.  Olahraga rutin
Olahraga 20 menit sehari, 3 kali seminggu, dalam enam bulan, dapat meningkatkan kebahagiaan seseorang sekitar 10-20%. Hal ini diungkap dalam sebuah artikel di HealthGuide UK. Jujur, saya termasuk cowok yang gak terlalu suka olahraga. Tapi, kalo ngeliat hasil penelitian ini, mungkin ane akan berpikir ulang untuk bisa menyisihkan sedikit waktu buat gerakin tubuh biar keringetan. Olahraga saya selama ini hanya olahraga jari. Paling banter jalan kaki menuju kantor, yang mana kantor saya itu rumah saya sendiri.

7. Peluklah Orang yang kamu kasihi
Menurut sebuah penelitian Harvard University pada orang-orang berusia 40-an, mereka yang lebih bahagia ternyata sejak kecil mendapat lebih banyak pelukan dan rangkulan. Jadi, yang ingin lebih bahagia, cobalah sering-sering berpelukan dengan orang yang kamu kasihi. This is why I love my family so much.

8. Jadi Diri Sendiri
Berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Hal ini merupakan salah satu cara mudah untuk membuat agan bahagia, seperti yang diungkap oleh Profesor Sonja Lyubomirsky, seorang peneliti dari University of California. Emang sih, kalau ngeliat ke atas, nggak bakal ada puasnya. Jadi, salah satu kunci biar selalu happy adalah mensyukuri setiap pencapaian yang kita dapat.

Bersiaplah menjadi sukses karena anda telah menjadi orang yang berbahagia sekarang!

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger