Thursday, January 16, 2014

 Pagi-pagi temen nelpon minta dicariin kerjaan. Karena tahu kalau dia itu punya pengalaman jadi supir, dan kemaren ada temen yang cerita kalo ditawari jadi supir taksi "Manuk Ijo". Akhirnya kusampaikan kalau mau jadi supir taksi "Manuk Ijo" tersebut.

Ternyata dia malah tidak pengen jadi supir lagi, kutawarkan opsi lain berupa jualan, jualan apa saja lah tapi modal ga boleh lebih dari sejuta, karena cuma segitu dana yang bisa diputer jadi usaha. Akhirnya bingung sendiri dengan modal segitu mau jualan apa. Sampai telpon terputus karena ada tamu datang.

Setelah sang tamu pulang, aku jadi teringat akan rumah dikampung yang sementara ini dikontrakkan. Lokasi rumah tersebut di pinggir jalan, dan budaya orang situ yang suka cipok alias ngopi sambil ndopok bin ngobrol. Dan juga pengalamanku sendiri jika main ke rumah temen suguhan pertama pasti kopi. Akhirnya timbul ide untuk membuat Warung Kopi tapi biar keren dikasih nama Cafe.

Tapi kendala juga muncul, meski untuk tempat sudah tidak terlalu pusing mikir biaya sewanya, tapi interior mungkin kudu diisi, atau mungkin bisa juga dengan konsep lesehan, biar menekan biaya pembelian kursi dan meja. Tinggal mikir buat beli kompor dan alat-alat masak, gelas yang agak bagus dan unik agar ada kesan berbeda dengan ngopi di rumah.

Tapi bagaimana dengan orang yang datang sendirian ? masa hanya disuruh bengong ? karena kalo pengelola ngajak ngobrol kan tidak enak karena untuk menekan biaya operasional, pengelola juga harus merangkap jadi koki dan waitres. Tentunya butuh hiburan bisa dengan alunan musik dari MP3 player. 

Belum lagi kejenuhan yang timbul jika selalu gitu-gitu aja, gimana jika konsep Cafe tersebut ditambah dengan televisi biar sesekali ada acara nonton bareng pertandingan sepakbola, atau sesekali diisi dengan nonton film berjamaah. ditambah fasilitas free wifi.

Bagaimana menurut anda para pembaca ? bisa berkembang tidak ya usaha seperti itu dikampung halamanku ?

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger