Thursday, June 13, 2013

Jajan sih boleh saja
Sisihkan buat nabung
Belanja sih boleh saja
Tak lupa nabung
Asik asik deh

Sik asik asik nabung
Bung nabung nabung asik
Sik asik asik nabung
Bung nabung nabung asik

*
Bing beng bang
Yok kita ke bank
Bang bing bung
Yok kita nabung
Tang ting tung hey
Tau tau kita nanti dapat untung

Dari kecil kita mulai menabung
Supaya hidup kita beruntung
Mau keliling dunia ada uangnya
Juga untuk membuat istana

*
Bing beng bang
Ayok kita semua ke bank
Bang bing bung
Ayok kita semua nabung

yang usianya gak jauh beda dengan saya bisa dipastikan pernah dengar lagu lagu Menabung yang dinyanyikan oleh Saskia dan Geofanny, karena itu lagu saat saya masih kecil, ... sekitar tahun 90an.

Saya pribadi waktu itu jadi semangat untuk menabung. Hasil menitipkan es di warung sekolah setiap minggu saya sisihkan untuk ditabungin di BRI yang kebetulan berada di depan rumah.

Menabung di Bank Untung ?

Coba bayangkan, memang Bank memberikan iming-iming berupa bunga kepada para nasabahnya dengan jumlah yang cukup menggiurkan. Apalagi kalau suku bunganya dihitung harian, wow ... siapa sih yang gak ngiler ?

Adapun suku bunga utk tabungan bersaldo 1-10 jt sebesar 2% pertahun. Dengan asumsi nilai tabungan awal 5 jt dan tidak pernah ditambah selama setahun, nasabah akan mendapat bunga Rp. 100,000/tahun. Setelah dipotong pajak 20%, pendapatan nasabah tinggal Rp. 80.000, padahal biaya administrasi yg harus dibayar selama setahun mencapai Rp.120,000. Alih-alih bertambah, nilai tabungan awal malah nombok Rp.40,000 dalam setahun. Jadi, Penabung kian cepat kehilangan uangnya jika nilai tabungan dibawah 1 jt, sebab bunganya nol persen. Ketika tabungan berada dinilai 6 jt, bunga dan biaya administrasi akan impas, kasarnya bunga yg didapat setahun habis untuk bayar biaya administrasi selama setahun juga.

Lebih jelasnya, silahkan dilihat ilustrasi gambarnya:
Nah, dari gambar diatas sudah dapat kita simpulkan bukan, kalau kita menabung hanya dengan jumlah 5 juta/ tahun (itu kan termasuk jumlah yang sedikit ya....) udah jelas kita Rugi. Kepotong ama biaya administrasi juga dipotong pajak yang notabenenya sih tergantung sama banknya gitu. Tapi kalau tabungan kita diatas 10 juta, dapat dipastikan untung lah, ya... daripada uang kita taruh dirumah, tau-tau ada kucing garong. kan buntung-buntung juga jadinya.

Yukkkkk mulai menabung dari sekarang, untuk masa depan yang cerah. kalau gak sekarang kita mulai, mau kapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan???
Tapi ada baiknya menabung di tempat yang baik, yang menjamin dan menyediakan dana jika kita sakit dan menyediakan kesempatan untuk ikut berinvestasi.

{ 1 comments... read them below or add one }

  1. Setuju banget dengan artikel di atas, justru itu marilah bergabung bersama kami di 3i networks, dijamin gak akan rugi, untuk info lebih lanjut silakan kunjungi blog saya di 3inetworksbelitung.blogspot.com, atau calling saya di no hp 081949255448 atau 085268277711 atau pin bb 25bc89db

    ReplyDelete


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger