Wednesday, June 5, 2013


Ane gak bisa basa-basi lagi gan, bener-bener ga bisa ngomong apa-apa lagi

Barusan banget ane liat temen ane tranfser uang 10jt ke orang yang baru seminggu dia kenal, pas ane tanya-tanya, dia ternyata ikut Q-N*t yang "katanya" bukan MLM..

Dia cerita dia kenal tu orang dari temennya, terus dia bilang dia dah ikut seminar tu perusahaan minggu kemarin, terus dijelasin keuntungannya bakal dapat mobil, rumah mewah dll. Tapi ya itu, syaratnya cari downline atau apalah ane gak mau dengerin lagi.

Jujur, ane shock berat gan, secara dia itu hanya kerja serabutuan yang penghasilannya gak tetap, dah capek-capek ngumpulin uang sebanyak itu akhirnya "dibuang" percuma.

Bullshit-lah gan kita semua gak tau sepak terjang begitu banyak "MLM" di Indonesia yang semua agan tau ending ceritanya apa : Nasabah nuntut karena uang gak kembali. Kalo setelah ini ada yang komen bilang sebenernya bisa sukses dengan "MLM" asal mau kerja keras-lah, ngerti sistemnya-lah, atau alesan lain, please deh, alam bawah sadar loe itu dah bener-bener ditanamin mereka dengan pemikiran : BANYAK ORANG PASTI AKAN KONTRA DENGAN KITA, PERTAHANKAN PENDAPATMU SAMPAI MATI!!!!!

Emang ada ceritanya yang namanya Bob Sadino, Chairul Tanjung, Harry Tanoe dan banyak pengusaha sukses lainnya jadi kaya raya karena "MLM"????

Dan ini tips yang sederhana banget untuk jadi panduan agan-agan kalo ketemu orang yang nawarin investasi yang belum jelas ceritanya :

Intinya jangan langsung tergiur dengan segala "kenikmatan" yang mereka tawarin ke agan, berusaha untuk tetap fokus sama pembicaraan bisnisnya gan.

Dalam bisnis manapun, konsep paling dasar yang bisa menunjukan bisnis itu benar-benar "ada" adalah dengan mengerti 4 konsep dasar pemasaran, yaitu konsep 4P : Product (Barang/Jasa), Price (Harga Barang/Jasa), Place (Distribusinya) dan Promotion (Promosinya).

Agan wajib nanya detail tentang produknya, barang/jasanya apa, bentuknya kayak gimana, dll.

Kalo emang barangnya ada, tanya, harganya gimana, manfaat orang beli barang dengan harga segitu apa dll.

Lalu ente perlu tanya lagi, ini barang distribusinya gimana di Indonesia, apa nama distributornya kalo emang pake pihak ke-2, cabangnya ada dimana aja,dijual di mall atau di pasar umum gak, dll.

Terus yang terakhir ente wajib nanya soal promosinya, punya brosurnya gak, ada iklannya di radio, tv atau media promosi lainnya gak, dan yang salah satu terpenting, punya web resmi apa gak (apalagi untuk "MLM" yang ngakunya dari luar negeri).

Kalo emang dia perusahaan yang bener dan punya sistem jual beli yang jelas, pasti gak akan kesulitan jawab pertanyaan-pertanyaan di atas.

Kalopun seandainya dia punya jawabannya, agan wajib bikin perbandingan antara produk dia dengan produk-produk yang ada dipasaran. Minimal agan tau market pasar mereka itu bener-bener ada ato gak.

Terakhir, jangan langsung ambil keputusan, tanya sana-sini dulu, ada yang tau "MLM" yang ditawarin apa gak, searching testimoni orang-orang di mbah gugel, kaskus, ato media online apapun. Kalo dari berbagai info tadi ternyata agan liat sebagai penipuan, segera katakan TIDAK dan jangan lupa di-sharing ke temen-temen agan biar gak kena tipu sama "MLM" yang sama.

Mungkin banyak juga MLM yang memang bener-bener ada dan bisa bermanfaat untuk kita, tapi setidaknya kita wajib waspada dan tetap kritis sama semua penawaran investasi yang datang ke kita. Jangan sampai kita dirugikan maupun merugikan orang lain.

Jangan mau ditipu dan jangan mau menipu.

Niat, usaha dan doa yang baik merupakan kunci untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat

saran ane daripada ikut MLM ga jelas kek gitu mending ikutan nabung aja di PRUDENTIAL info lengkap bisa di baca di www.prudential.co.id atau kalo pengen nanya langsung ke ane juga boleh ...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger