Saturday, June 15, 2013

Masyarakat Indonesia banyak mengenal berbagai macam hantu, namun dari macam-macam hantu yang ada, ternyata hanya dua hantu yang benar-benar mendapat perhatian cukup serius dari masyarakat ? kedua hantu itu adalah Kuntilanak dan Pocong.  Mengapa masyarakat lebih mengenal kedua hantu tersebut ? Sebab lain ternyata karena kedua jenis hantu itu lah yang sering menjadi ikon film-film horor di Indonesia ? Puluhan judul film horor yang telah di produksi selalu tak pernah lepas dari sosok hantu ini.

Ternyata bukan masyarakat Indonesia saja yang menyoroti kedua hantu ini, Lembaga Internasional Perserikatan Bangsa-Bangsa ( PBB ) juga telah mengagendakan pertemuan secara khusus yang melibatkan beberapa negara untuk membahas keberadaan kedua hantu tersebut ?

loh.....kok bisa-bisanya PBB mau membahas sosok kedua hantu tersebut ?

Selidik punya selidik ternyata PBB telah mendapat laporan mengenai kondisi Perekonomian Republik Indonesia yang memang sangat menyedihkan diantara urutan negara-negara dunia ketiga ?
Terus apa kaitannya antara kondisi perekonomian suatu negara dengan keberadaan hantunya ?

Unesco sebagai Organisasi tertinggi dunia bidang kebudayaan di bawah naungan PBB telah melakukan penelitian yang cukup lama di Indonesia dan di berbagai negara yang lain, hasil penelitiaannya ternyata Cukup mengejutkan ? Unesco menyimpulkan bahwa perekonomian suatu negara bukan hanya di lihat dari pendapatan penduduknya, tapi juga dapat di lihat dari sosok keberadaan  hantunya ?

Perbandingan Hantu-hantu di bawah ini tentu bisa menjadi perbandingan dan tolak ukur perekonomian suatu negara :


 Drakula ( Eropa ) : Penampakannya memakai baju jas mewah, rambut rapi, berpendidikan dan tinggal di kastil mewah.


Vampir ( Cina ) : Penampakannya memakai baju adat bangsawan, pakai perhiasan seperti kalung dan giok, tinggal di kuil atau istana.

Kuntilanak ( Indonesia ) : Penampakannya cuma pakai daster putih oblong, lingkaran mata hitam karena kurang tidur dan pucat sebab bertahun-tahun tidak makan, rambut panjang tidak terurus dan tinggal di gudang-gudang tua, pepohonan atau lorong-lorong gelap. begitu miskinnya negeri ini sampai hantu-hantunya bernasib malang seperti itu ? Apalagi pocong....wah tambah memprihatinkan.


Demikian hasil kesimpulan dari Tim Peneliti yang telah di lakukan oleh Unesco yang telah melaporkan hasil kesimpulan tersebut kepada Sekjen PPB ?

Hingga akhirnya Sekjen PBB membawa masalah ini dalam forum rapat yang melibatkan berbagai negara untuk mencari solusi yang terbaik bagi perbaikan perekonomian di Indonesia yang memang sangat carut marut tidak karuan dan sebagai cermin dari carut marutnya perekonomian Indonesia adalah sosok kedua hantu tersebut.

Pesan untuk para Produsen film......mari lah mula sekarang kita tinggal jenis-jenis film horor seperti Kuntilanak dan Pocong, di samping tidak mendidik juga menyesatkan.

Produksi lah film-film yang bermutu dan berkualitas agar dapat menjadi contoh
yang baik seperti film laskar pelangi atau garuda di dadaku......walaupun tidak ada sosok hantunya, dua film tersebut ternyata mampu menyedot ribuan penonton.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger