Friday, July 12, 2013


Seringkali kita temui orang yang baru beberapa hari berpuasa ambruk jatuh sakit. Untuk itu perlu kita jaga tubuh kita agar tetap sehat, agar ramadhan bisa semakin semangat berburu pahala.

Berikut tips agar tetap sehat selama ramadhan ...

1. Konsultasi dengan Dokter

Sebaiknya berkonsultasilah dulu dengan dokter pribadi anda sebelum menjalankan ibadah puasa, agar anda mengetahui makanan, vitamin, dan aktifitas fisik yang dapat dilakukan selama anda berpuasa.

2. Sahur

Jangan karena merasa belum terbiasa bangun malam untuk makan sampai tidak sahur. SElain sunah sahur merupakan asupan nutrisi untuk memberikan energi agar dapat beraktifitas dari pagi hingga petang bagi kita. Sebaiknya makan sahur mengkonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, buah-buahan, sayur-sayuran dan banyak mengkonsumsi air.

3. Hindari Gorengan dan Makanan Pedas

Gorengan akan menyebabkan sel darah merah menggumpal, sehingga menyebabkan aliran oksigen menjadi berkurang hingga 20 persen. Akibatnya Anda akan mengantuk pada siang hari. Makanan pedas juga akan membuat perut Anda mulas dan mengalami gangguan pencernaan.

4. Minum Air yang Cukup

Air adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, kita harus minum dalam jumlah besar. juga harus minum saat bersahur. Minum air di sini tidak selalu berarti air putih semata , tetapi minum teh, susu, jus buah, koktil buah, bahkan kuah sayur juga termasuk dalam jumlah air yang kita konsumsi. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.

5. Jangan Berpanas-panasan

Selama berpuasa, hindari sinar matahari yang dapat mengakibatkan dehidrasi, cobalah cari tempat yang nyaman dan teduh. Jika memungkinkan, tidurlah di awal siang untuk mengumpulkan energi.

6. Olahraga
Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti berjalan selama 15 hingga 20 menit menjelang buka puasa (ngabuburit ). Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

7. Segerakan Berbuka

Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras, untuk memulihkan energi kembali, saat berbuka makanlah karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis. Makanan yang mengandung gula mengembalikan secara instant energi kita yang terkuras seharian. Tetapi usahakan menghindari minum es atau yang bersoda, , karena jenis minuman ini dapat membuat pencernaan tak berfungsi secara normal.

8.  Jangan Makan Sekaligus

Hindari langsung mengkonsumsi banyak makanan. Sebab, ini hanya akan membuat perut Anda terasa penuh karena selama berpuasa lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Cukupkan diri dengan sekedar membatalkan puasa terlebih dahulu.

Lebih baik berbuka makan makanan manis, seperti kolak, atau minum teh hangat, istirahatkan sesaat, bisa digunakan jeda itu untuk menjalankan sholat magrib sambil memberi waktu organ pencernaan kita menyesuaikan. Baru setelah salat Magrib, baru lanjut makan besar.

Dan jangan lupa, makannya jangan banyak-banyak, mentang2 laper. Waktu shalat tarawih nanti ngatuk baru nyesel deh

9. Jika Kesehatan Anda Bermasalah Segera Batalkan Puasanya

Kalau mengalami masalah medis selama sehari dan tidak dapat pulih dengan cepat, mungkin sebaiknya tidak berpuasa sehari atau lebih. Hari-hari dimana tidak berpuasa dapat diganti sebelum Ramadhan berikutnya.

Daripada memaksakan diri yang mungkin bisa mengakibatkan gangguan kesehatan yang lebih parah.

10. Kendalikan Emosi

Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu

Dengan kata lain tujuan puasa adalah memanage emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat,
dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.


Semoga Dengan Berpuasa di bulan Ramadhan ini kita bisa menjadi manusia-manusia yang bertaqwa. Amin


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger