Saturday, July 13, 2013



Makan sahur adalah hal yang cukup menyebalkan, Bagaimana tidak, saat sedang dibuai mimpi indah di dinginnya malam. Kita dipaksa untuk bangun dan makan. Betapa tidak mengenakkannya dan betapa malasnya bangun dipagi buta seperti itu.

Meskipun tidak mengenakkan makan sahur itu perlu untuk asupan sumber energi terakhir sebelum kita berpuasa seharian penuh. Agar sahur tetap segar dan menyenangkan, mungkin tips-tips berikut ini bisa berarti bagi kita, agar sahur badan tetap segar dan bergairah.

1. Cermati Makna Makan Sahur.
Dalam hadits Nabi SAW. bersabda:
“Bersahur itu berkat maka janganlah kamu tinggalkan, walau seorang di antaramu hanya meneguk air. Kerana Allah dan para malaikatNya akan mengucapkan selawat kepada orang-orang
yang bersahur.” (Hadis Riwayat Ahmad).

Dengan sahur, kita juga tidak akan mudah merasa lemas jika dibandingkan dengan orang yang tidak sahur, bisa dibuktikan.

Nahhh... dengan mengingat itu insya Allah kita akan lebih bersemangat untuk sahur.

2. Begadang Jangan Begadang.
Ingan pesak Wak Haji Rhoma Irama. Jangan begadang !

Kurangi begadang pada saat ramadhan. ingat besok harus sahur, paling tidak kita harus bangun pukul 03.00 AM, nahhh.. mau tidur berapa jam ?

Ingat, kekurangan waktu tidur bisa menyebabkan pusing dan malas untuk bangun.

 3. Niat dengan tulus untuk makan sahur.
Sesuatu jika sudah diniatkan maka akan mudah melaksanakannya. Begitu juga sahur, jika kita sudah berniat untuk bangun di pagi buta untuk sahur, maka kita pasti terbangun dengan segar. Seperti ada yang membangunkan.

Apalagi di bulan Ramadhan ini, banyak anak-anak atau pemuda yang berkeliling membangunkan orang untuk makan sahur.

4. Pasang Alarm.
Jika mempunyai alarm, sebagian besar memiliki HP dan sebagian besar HP memiliki fitur alarm. Pasanglah alarm sesuai jam keinginan kita untuk bangun.

Kalau tidak bangun juga ya kebangetan, apalagi jika alarm tersebut dipasang dekat telinga.

5. Minumlah 2 Gelas Air sebelum tidur.
Dengan meminum 2 gelar air sebelum minum bisa dipastikan anda akan bangun dengan sendirinya. Kecuali anda memakai pampers, karena dengan banyak minum bisa dipastikan anda juga butuh untuk membuangnya sebagai kotoran.

Bagi yang masih suka ngompol, makin basah kuyup tuh kalau tidak segera bangun dan ke toilet.

6. Langsung bangun, jangan ditunda.
Jika sudah terbangun, jangan segera menarik selimut karena merasa belum waktunya untuk bangun, bisa jadi karena alarm belum bernyanyi. Karena dengan menunda untuk bangun biasanya malah makin pulas tidurnya. Dan baru terbangun setelah terdengar adzan subuh yang berarti tidak jadi sahur.

Untuk itu segeralah bangun, lakukan olahraga ringan untuk merenggangkan otot, kemudian ke kamar mandi, ambil wudhu atau langsung mandi juga boleh, dijamin ngantuknya hilang.

7. Sahur dengan makanan dan minuman yang hangat.
Minumlah terlebih dahulu, karena orang yang baru bangun tidur biasanya tenggorokannya kering. Jadi minumlah untuk membasahi tenggorokan agar tidak seret waktu makan. Dan makanlah makanan yang hangat, karena makanan yang hangat lebih mengundang selera.

Selamat bersantap sahur. Semoga di akhir Ramadhan kita bisa menjadi insan yang bertaqwa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger