Thursday, July 25, 2013



Kejahatan terjadi karena ada niat dan kesempatan, waspadalah ... waspadalah ... waspadalah ...
Itu kalimat yang sering dilontarkan oleh Bang Napi dari sel salah satu televisi di Indonesia. Dan memang benar jika ada niat dan kesempatan, penjahat akan bertindak, tak perduli lagi akan tempat.

Seperti yang terjadi di beberapa tempat ibadah, terutama masjid yang ramai dan berada di pinggir jalan raya. meskipun yang masuk ke gang juga banyak juga yang kehilangan sehabis melaksanakan kebutuhannya untuk shalat menghadap Yang Maha Kuasa. minimal kehilangan sandal jepit ... apa karena pengaruh ceramah dari ustadz yang hanya separuhnya saja yang di dengar ? Ambillah yang baik tinggalkan yang buruk ? belum lengkap penjelasan dari ustadz dia sudah pulang duluan ... akhirnya sandal orang yang bagus di ambil dan sandal dia yang jelek ditinggalin.

Kembali ke laptop !

Maling kadang tak perduli sedang berada dimana dalam menjalankan aksinya. Tak perduli di tempat maksiat maupun tempat suci seperti masjid. Selagi ada kesempatan dan memang sudah diniatkan langsung sikat. Dan masjid adalah tempat yang sangat menguntungkan bagi mereka yang berniat untuk mencuri, karena pada saat orang shalat mereka tidak memperdulikan barang bawaannya karena sedang khusyu` mengadu dan berkeluh kesah kepada Allah.

Karena keteledoran mereka juga berbagai macam barang berharga hilang di masjid, seperti HP, Laptop, tas, dompet, bahkan sandal jepit sering berganti kepemilikan secara tak sah. Sehingga menimbulkan kesan bahwa Masjid adalah tempat yang tidak aman. Padahal jika masjid memiliki bagian penitipan barang, hal itu bisa di minimalisir karena ada petugas yang menjaga barang bawaan jamaah. Tak masalah jika dikenai biaya penitipan sewajarnya meskipun akan lebih baik jika digratiskan, tapi disediakan kotak amal bagi yang memakai jasanya.

Sebuah contoh area yang sangat mendukung untuk mencuri salah satunya adalah MASJID ISTIQLAL. Jika berkesempatan melakukan sholat di masjid Istiqlal, coba perhatikan jamaah yang datang dari berbagai penjuru Indonesia, karena inilah masjid kebanggaan orang Indonesia, sehingga jika ke Jakarta mereka menyempatkan diri untuk shalat di Masjid tersebut, tak jarang jamaah tersebut barang miliknya raib ga berbekas gara-gara ulah oknum-oknum maling yang pura-pura ikut sholat, apalagi di Bulan Ramadhan.


Pada saat buka puasa Masjid Istiqlal selalu menyediakan menu berbuka yang enak-enak sehingga selalu ramai, nah setelah adzan berkumandang para hadirin langsung berbuka puasa dan tak lama berselang pada bergegas mengambil ambil wudhu dan ikut sholat berjamaah. Nah....disinilah peluang emas bagi para maling untuk memiliki barang-barang jamaah, karena banyak jamaah yang terlihat asal menaruh tas entah itu isinya laptop atau HP dan sebagainya.


Biasanya maling beraksi pada saat jamaah sujud, dan biasanya terjadi di rakaat kedua atau rakaat terakhir, yang situasinya sedang hening, karena jarang ada tambahan jamaah yang baru datang. Kalaupun ada yang melihat karena baru datang mereka tak akan dicurigai mengambil barang yang bukan miliknya.

Pada saat mengambil air wudhu, juga diharapkan untuk berhati-hati, disini adalah job para pencopet, karena banyaknya jamaah yang antri mau ambil air wudlu dan seperti biasa banyak yang berdesak-desakan. Tidak hanya milik jamaah yang datang korban mereka. Kalau ke Masjid Istiqlal cobalah baca tulisan di pintu masuk toilet "BUAT ORANG2 YANG SUKA NGAMBIL PERALATAN TOILET MASJID, INSYAFLAH KARNA ANDA BESOK PASTI MATI!!.."Punya masjidpun juga diembat benar-benar keterlaluan, sebenernya tidak hanya masjid Istiqlal saja, ada beberapa masjid yang oknum malingnya berkeliaran, bahkan kotak amal juga diincer.

Untuk itu sekedar tips saja buat yang mau berjamaah di masjid dengan membawa barang bawaan 

1. Titipkan tas atau barang-barang yang ukurannya besar, tapi dompet, HP, gadget, kamera DSLR atau laptop sebaiknya bawa saja buat keamanan. Kalau jaket sebaiknya dititipkan , tentu saja dalam keadaan kosong jaketnya.
2. Taruhlah tas kecil yang berisi HP, gadget, kamera DSLR atau laptop di depan shaff !...pas anda sholat selalu didepan anda, inget taruhlah didepan!!, karena maling-maling mengincar orang yang lengah menaruh barang bawaannya di belakang.
3. Kalau anda datang berdua atau lebih dengan membawa barang bawaan yang banyak, usahakan shalatnya bergiliran, sehingga ada yang menjaga barang bawaan. Jika waktu shalat masih memungkinkan untuk bergiliran. Kalau waktu sudah mendekati shalat waktu berikutnya ikuti tips no 2
4. Perhatikan orang-orang yang mencurigakan di sekitar anda, kalo dirasa kurang aman anda salat ambil shaf terdepan deket mimbar biar aman...
5. Jika membawa mobil atau motor gemboklah kendaraan anda atau kunci ganda, dan jangan tinggalkan barang berharga di kendaraan, bahaya!!, bawa saja buat keamanan.
6. Biasanya kalau berada di dalam masjid terasa sejuk dan membuat ngantuk, silahkan suka tidur sebentar, namun sebaiknya tas anda dijadikan alas kepala anda, buat jaga-jaga.
7. Di zaman yang semakin edan ini ... ingatlah bahwa tidak semua orang yang di masjid itu baik, sekedar berbagi pengalaman saja, ada saja oknum-oknum yang nyamar ikut sholat tapi niat mau berbuat jahat. Karena itu tetaplah waspada, sekalipun di masjid, serta berdoalah kepada ALLAH agar senantiasa di kasih perlindungan.
8. Jika anda datang sendirian, usahakan setelah shalat membaca AlQuran. disamping itu merupakan ibadah juga membantu orang-orang yang sedang shalat, karena dengan adanya orang yang membaca AlQuran, malingpun akan berfikir dua kali untuk menjalankan aksinya.
9. Jangan lupa untuk bersodaqoh di kotak amal masjid, selain sebagai rasa terimakasih karena sudah mendapatkan tempat untuk beribadah dan beristirahat juga agar berkah dan aman ( kata ustadz Yusuf Manyur sedekah mencegah bala dan mendatangkan rizki). Jangan terlalu pelit.



Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments


HITSTAT

Total Pageviews

Popular Post

Arsip

- Copyright © 2013 Catatan Harian Awanul Hamzah| Powered by Blogger